Kamis, 25 Agustus 2016

Kepedulian Yang (Kayaknya sih) Salah Tempat

Gue punya temen, cowok, sebut aja namanya Bayu (iya, gue random banget tiba-tiba inget mantannya Chika). Hubungan Bayu sama gue sebenernya biasa aja, dibilang deket engga, dibilang nggak deket juga rasanya udah terlalu banyak hal yang kita sharing bareng. Well yeah, gitu deh hubungannya.

Baru-baru ini, gue ketemuan dan jalan sama Bayu. It is only me and him, nggak ada temen lain. Lo tau lah ketika dua orang melakukan quality time yang bener-bener berkualitas, akan ada banyak hal yang bisa diomongin, ada banyak rahasia yang diceritain, ada banyak perasaan yang dilibatin. Termasuuk ketika gue jalan sama Bayu ini.

Bayu cerita sama gue tentang dia yang udah tidur sama beberapa cewek. Ummm..mungkin di usia gue, dan di lingkungan pergaulan gue hal kayak gini sebenernya udah ga asing banget (well, go check awkarin). Dia bukan orang pertama yang cerita hal ini ke gue, dia adalah orang ke sekian puluh. Gue inget banget orang pertama yang cerita hal itu ke gue itu temen kecil gue, dan dia cerita itu ke gue waktu kita masih kelas 7 alias 1 SMP. :))
Yah, wateva. Balik lagi ke Bayu. Bayu cerita ke gue dengan cara yang biasa aja, gue ga menemukan excitement atau penyesalan dari gesture, air muka, atau pun tone suaranya dia. Dia cerita gitu aja. Dia bercerita kapan dia pertama kali ngelakuin, dan kapan terakhir dia ngelakuin, sama siapa, dan di mana aja. Asli ini mah sebiasa-biasanya cerita, there's no wow on it, ada banyak cerita wow yang pernah gue denger langsung dari mulut pelaku yang lebih dari ini. Cerita Bayu ini termasuk standard buat gue.

Tapiii...
Entah kenapa, ketika Bayu cerita itu ke gue, gue jadi sedih dengernya. Lebay? Iya sih, gue juga sadar kok itu lebay banget. Apalagi karena si Bayu ini bukan termasuk dari orang-orang lingkaran satu gue, dia bukan bagian dari peer group gue, dia cuma temen biasa. Tapi gue sedih ketika denger Bayu begitu. Ada sesuatu di diri gue yang nggak mau dia kayak gitu lagi. Gue pengen banget dia stop doing those things, entah sama pacarnya, temennya, atau siapapun itu.
Jealous? Enggak. Gue tau kok kapan dan bagaimana gue kalo lagi baper sama seseorang, dan gue bisa state kalo gue ga baper sama Bayu. Mungkin sebatas care. But I really want him to stop like directly from right now setelah gue minta sama dia buat stop.

Di judul postingan ini gue tulis, kepedulian yang (kayaknya sih) salah tempat. Kenapa gue tulis gitu, karena gue tau nggak seharusnya gue se-peduli itu sama Bayu. Karena si Bayu ini ga sepeduli itu juga sama gue. Hahahaha, dan itu sih yang bikin sedih, like why should I care about him. Tapi ya namanya namanya yaaaa...gabisa milih juga kan. Ini feeling yang sama kayak feeling yang gue rasain ketika gue ngeliat mas-mas pulang kantor naik motor dan kecapekan, rasanya pengen gue bikinin teh anget. Gue ga peduli mas-mas itu siapa, tapi gue suka kasian aja. Eh tapi engga ding, Bayu lebih dari itu, gue sayang sama Bayu lebih daripada sama mas-mas itu.
Nah tapi, kan every action has a reaction yah, nah karena gue ngerasa si Bayu ini suka ga nganggap gue dan flat-flat aja sama gue, gue jadi kesel dan bete sendiri kalo gue lagi care banget sama dia. Males aja cuy bertepuk sebelah tangan. Itu dia masalahnya, gue ngerasa si Bayu ini has no/lost interest sebenernya sama gue. Gue kan udah sering cerita ya, gimana teman-teman cowok gue ngetreat gue, atau pacar gue dulu, gue terbiasa dibaikin dan dilayani dengan baik, biasa jadi princess. Nah si Bayu ini flat abis. Baik sih tapi sekedar baik, jadi ketika gue sering tanpa sadar lebih dari baik ke dia, gue suka takut, takut salah action. Oh ya, Bayu ini termasuk orang baru dalam hidup gue, dia bukan bagian dari anak-anak Cha One ataupun Switching ataupun Telkom yang pernah dan masih gue temuin rutin dan udah gue hapal tingkah lakunya, jadi gue masih suka nebak-nebak kira-kira apa yang bisa/boleh gue lakuin ke dia dan mana yang engga.

Balik lagi ke masalah Bayu yang suka bobo manja sama cewek, dan gue yang nggak suka itu. Well, bukan nggak suka. Tapi gue maunya sih dia ga kayak gitu lagi. Menurut gue, nge-sex itu analoginya sama kayak orang ngerokok dan ngobat. Awalnya mungkin cuma penasaran, dan ketika udah ngelakuin itu dan dirasa enak, lo akan mulai ketagihan dan pengen lagi dan pengen lagi. Berdasarkan pengalaman gue melarang beberapa orang buat ga ngerokok dan ga ngobat lagi, hal ini susah buat dilakuin. Kalopun mereka nurut, itu cuma mereka lakuin di depan gue doang, di belakang mereka bakal kayak gitu lagi.
Gue sebenernya pengen banget bilang ke Bayu buat stop tidur sama cewek, siapa pun cewek itu. Bukan karena gue jealous dan pengen jadi bagian dari cewek-cewek itu (lho!), tapi karena gue pengen dia bisa jadi lebih baik. Gue ga mau apa pun yang dia lakuin sekarang nantinya bakal ngerugiin dia dari segi apapun. Sayangnya, gue ga pernah berani buat ngelakuin itu. Gue bukan siapa-siapa buat Bayu, jadi gue ga berhak buat ngelarang ataupun meminta Bayu buat stop doing something gituuu.
Gue pengen banget bisa ngeliat Bayu berubah jadi orang yang lebih baik. Bisa ngeraih apa yang dia mau. Bisa menuhin target-target yang udah dia set. Bisa jadi lebih baik deh intinya dari Bayu yang sekarang. Entah kenapa, gue ngeliat Bayu ini belum settle down sama dirinya sendiri. Dia masih butuh perhatian, yang kayaknya sih dia ngerasa nggak perlu deh. Padahal menurut gue Bayu masih perlu banget buat diingetin akan banyak hal, disupport, dan dikasih perhatian lebih.
Tapi sayangnya, even if I really really want to do that or I want to be that person, I just couldn't be. Makanya itu tadi gue bilang, ini tuh peduli yang salah tempat, and I quite upset sama diri gue sendiri, because I care too much about wrong person.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar